News & Updates

SEACEF Galang US$2,5 Miliar untuk Investasi Energi Bersih di Asia Tenggara

02 Juli 2020

Bisnis.com, JAKARTA- Organisasi-organisasi filantropi dunia yang tergabung dalam the South East Asia Clean Energy Facility (SEACEF) meluncurkan inisiatif penggalangan dana hingga US$2,5 miliar untuk memberi pendanaan tahap awal bagi proyek energi bersih yang potensial di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Menurut Bloomberg New Energy Finance, saat ini panel surya fotovoltaik dan angin darat (onshore wind) merupakan sumber termurah bagi pembangkit baru untuk setidaknya dua pertiga populasi global. Namun, banyak proyek potensial di Vietnam, Indonesia, Filipina, dan bagian lain di Asia Tenggara yang tidak akan terealisasi tanpa pendanaan tahap awal seperti ini.

Bengkulu Simpan Potensi Energi Terbarukan 7,2 Gigawatt!

20 Juni 2020

Bisnis.com JAKARTA - Potensi energi terbarukan di Provinsi Bengkulu diperkirakan mencapai 7.297 megawatt (MW) atau 7,2 gigawatt (GW), tetapi yang dimanfaatkan baru sebesar 259 MW.

Program Manager Energy Transformation Institute for Esential Service Reform (IESR) Jannata Giwangkara mengatakan berdasarkan studi yang dilakukan pada 2018 potensi energi terbarukan di Indonesia mencapai 431.745 MW, namun kapasitas terpasang atau yang baru dimanfaatkan untuk listrik hanya 6.830 MW.

Pengembangan Pembangkit Panas Bumi Terganjal Aspek Pendanaan

12 Juni 2020

Bisnis.com, JAKARTA – Pengembangan pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) tidak mudah akibat terbatasnya lembaga keuangan yang memberikan kredit dalam fase eksplorasi.

Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero) Riki Firmandha Ibrahim mengungkapkan tantangan pengembangan panas bumi saat ini yakni terbatasnya lembaga keuangan yang bersedia memberikan pinjaman dalam fase eksplorasi.

METI Minta Perpres Energi Baru Terbarukan Dirampungkan

20 Juni 2020

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah diminta segera merampungkan Peraturan Presiden (Perpres) Energi Baru Terbarukan.

Ketua Masyarakat Energi Baru Terbarukan Indonesia (METI) Surya Darma menuturkan sampai saat ini draft Perpres tentang energi terbarukan sudah di bahas bersama asosiasi terkait termasuk pihaknya pada Januari lalu.

Adani Group Menangkan Tender US$6 Miliar Bangun 8 GW PLTS

10 Juni 2020

Bisnis.com, MANADO—Adani Green Energy Limited (AGEL) memenangkan tender pembangkit listrik tenaga surya berkapasitas total 8 gigawatt senilai US$6 miliar. Tahap pertama dengan kapasitas 2 gigawatt ditargetkan beroperasi pada 2022.

Chairman Adani Group Gautam Adani mengatakan Perdana Menteri Narendra Modi membuat komitmen pada Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa 2015 di Paris bahwa India akan memimpin revolusi Perubahan Iklim dan faktanya akan memenuhi sebagian besar komitmen COP21 dalam sembilan tahun sebelum batas waktu di tahun 2030.

DEN Sebut Kapasitas Kilang Indikator Ketahanan Energi Nasional

10 Juni 2020

Bisnis.com, JAKARTA – Dewan Energi Nasional menyebut pembangunan kilang merupakan salah satu strategi kebijakan energi jangka panjang yang disiapkan oleh pemerintah.

Dewan Energi Nasional (DEN) mendukung penuh langkah PT Pertamina dalam melanjutkan program megaproyek pembangunan kilang sebagai bagian dari upaya menjaga ketahanan energi.

Page 1 of 10

© 2020 Indo Renergy Expo & Forum organised by PT Napindo Media ashatama. All Rights Reserved.

Please publish modules in offcanvas position.